Strategi Seorang Marketing Dari Media Sosial

Marketing jaringan bisa disebut juga sebagai pasar dalam jaringan yang terdiri dari beberapa orang bahkan bisa dalam beberapa team. Marketing sangat berperan aktif dalam perusahaan untuk meningkatkan traffic atau keuntungan dalam perusahaan. Marketing jaringan dalam dunia media sosial sangat berbeda caranya dengan marketing biasanya. Metode yang dipakai pun sangat beragam untuk meningkatkan traffic serta keuntungan perusahaan.

Jika kamu mau mengejar karir untuk dirimu di marketing sosial atau strategi tetapi kamu tidak cukup percaya diri dengan kemampuan yang kamu punya, kamu bisa melatih diri kamu mulai dari hal yang sangat dasar. Pertanyaan dengan hal semacam ini sangat umum terjadi di kalangan masyarakat akan kemampuan yang dimiliki. Berikut adalah kesalahan pada diri kita pada dunia marketing :

  • Tidak mau belajar dalam hal dasar
  • Selalu memikirkan target yang telah ditentukan
  • Tidak mempunyai cara yang efektif dalam market
  • Tidak pernah mencoba untuk hal yang di luar kemampuan kita
Beberapa kesalahan diatas adalah sebagian kecil dalam dunia marketing. Namun apa salahnya jika kita memperbaiki kesalahan tersebut dengan hal yang paling dasar.

Marketing


Bagaimana cara kamu menggunakan media sosial dalam marketing? 

media sosial adalah jaringan terbesar pada saat ini yang telah di tekuni dalam kalangan masyarakat. Karena media sosial sangat efektif untuk digunakan dibandingkan dengan cara lama. Media sosial juga dapat berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan. Kita dapat menggunakan analisis untuk melihat mereka dengan menanggapi konten yang kita berikan. Kita juga dapat memberikan influencer untuk berbicara serta membawa mereka ke jaringan media sosial yang kamu miliki .

Bagaimana cara yang kamu miliki untuk menganalisis pengembalian sosial dengan investasi?


Pergunakanlah media sosial seperti Facebook dan Optimized CPM. Website/Blog kamu juga sudah memiliki analisis untuk dapat melihat ROI (Return on Investment) melalui website/blog yang kamu miliki, atau mendaftarkan ke sejumlah layanan traffic yang ada seperti Alexa atau Google Analytics. Social media platform seperti LinkedIn juga memiliki layanan analisis tersendiri. Langkah-langkah dasarnya hampir sama seperti clicks, likes, shares, purchases, change in attitude, dll.

Kalian juga bisa menggunakan layanan yang diberikan platform. Ada banyak sekali layanan yang akan kita dapatkan dari platform serta fitur yang akan mempermudahkan kita untuk digunakan. Platform yaitu arsitektur hardware/pondasi/standar bagaimana sebuah sistem dimana aplikasi/program dapat berjalan. Seperti Hootsuite, TweetDeck dan sebagainya.

Hootsuite memberikan fitur serta layanan dashboard media sosial, sehingga kita dapat menggunakan semua saluran kita didalam satu atau beberapa tampilan termasuk jadwal tweet, track analytics, menemukan pelanggan potensial, dan dapat berkolaborasi dengan followers lainnya.

TweetDeck sebenarnya sama dengan twitter namun bisa terjadwal untuk setiap tweetnya. TweetDeck adalah alat tracking twitter yang paling efektif dalam melakukan tracking, organizing, and engagement.

SproutSocial adalah management tools yang kuat dan cocok digunakan untuk bisnis Anda. SproutSocial menawarkan fitur single stream inbox, yaitu fitur yang akan memastikan Anda tidak akan ketinggalan pesan di sosial media Anda. SproutSocial juga menawarkan fitur untuk penjadwalan postingan di Facebook, Twitter dan LinkedIn. Platform ini juga memiliki alat monitoring dan analisa yang dapat membantu Anda memvisualisasikan metriks yang penting.

Sebenarnya apa sih manfaat dari Facebook dengan Fanpage dari media sosial?

Facebook memiliki dua Jenis layanan yang disediakan oleh facebook dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing. Facebook Profile adalah Facebook yang kita pakai setiap kita facebookan, Facebook Profile berisi data data pribadi kita, berisi data data pribadi pengguna facebook, yang bisa digunakan sebagai media berniteraksi dengan pengguna facebook lainnya. Dua Layanan lainnya yang saya maksud adalah Group Facebook dan Fan Page Facebook atau Halaman Penggemar Facebook.

Fanpage  facebook yaitu sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya. Beberapa orang ahli pun pasti memiliki pengertian fan page facebook sendiri sesuai dengan apa yang mereka pelajari.

Apa manfaatnya untuk bisnis online? Manfaat Fan Page Facebook adalah untuk mengumpulkan prospek (fans) sebanyak-banyaknya dan kemudian kirimi pesan-pesan marketing untuk menghasilkan penjualan.  Dengan semakin banyaknya jumlah Fans / penggemar halaman / page facebook anda, maka akan semakin besar pula peluang anda mendapatkan uang.

Apakah kamu sudah memanfaatkan situs youtube, untuk mempromosikan barang brand yang kamu miliki?
Orang biasanya lebih suka melihat konten video asli yang fun dan sifatnya shareable, dimana isi konten video sejak awal lebih menekankan pada sisi cerita dan bukan pada promosi. Orang akan lebih suka berbagi video jika video tersebut menakjubkan dan pantas untuk ditonton. Hingga akhirnya, konten video tersebut akan terhubung ke semua platform jaringan social media lainnya, dan secara paralel promosi video anda akan tersebar di seluruh platform jaringan social media lalinnya, kamu akan mendapatkan nilai plus untuk segi pemasaran.

saya ingin bertanya mengenai diri kamu

Jenis kampanye media sosial apa yang kamu produksi dan/ atau kelola?

Pekerja sosial media sering sekali menekankan pembicaraan ini pada sebuah cerita, keterlibatan maupun keterikatan kepada konsumen. Berikan sebuah contoh bagaimana caranya kamu membangun pembicaraan dengan klien ataupun konsumen. Ciptakan sebuah cerita menarik untuk dapat meningkat traffic pengunjung. Setiap konten yang kamu share setidaknya memiliki tiga kriteria keberhasilan mulai dari click, like, reach. Pastikan menyimpan hasil kampanye tersebut, sehingga kampanye tersebut nantinya dapat kamu share ulang pada waktu yang berbeda.

Social Media platform apa saja yang sering kamu gunakan dan mengapa?

Ketika kamu menjawab pertanyaan ini, pergunakan waktu untuk berbicara mengenai social media platform yang kamu kuasai, dan sebutkan studi kasus yang pernah kamu kerjakan. Walau bagaimanapun,  kamu harus menyebutkan semua platform social media secara detail berikut dengan kekuatannya. Bicaralah mengenai bagaimana twitter is best for conversations, Facebook is great for advertising. Linkend is best for recruiting and sharing career-related articles, dan bagaimanapun juga Google+ jangan diremehkan untuk membangun sebuah komunitas

Seberapa besar pengetahuan dan pengalamanmu mengenai SEO?

SEO merupakan salah satu nilai plus maupun hal yang mutlak bagi seorang pekerja social media, karena perusahaan selalu ingin konten mereka berada pada peringkat setinggi mungkin d pencarian google. 

  • Jelaskan bagaimana media social mampu meningkatkan sebuah traffic yang tentunya mampu meningkatkan Key Performance Indicator kamu.
  • Bangunlah konten yang shareable, serta menekankan pada kata kunci dan konten yang diciptakan, dan harus selalu melekat pada jenis brand yang kamu miliki.
  • Bicaralah selalu bagaimana SEO salah satu faktor penting dalam meningkatkan strategi social media, terutama bagaimana kamu menggunakannya pada pekerjaan sebelumnya.

Apa keterbatasan kamu dalam menjalankan platform sosial media? Bagaimana cara kamu mengatasinya?

Kamu hanya bisa menjawab ini dengan mengatakan bahwa kamu menggunakan platform yang berbeda untuk melengkapi keterbatasan jangkauan dari masing-masing platform. Ini bukan jawaban yang buruk lho. Bahkan bisa menjadi bagian dari jawaban yang terbaik. Namun, kamu harus tahu bagaimana mengatasi atau setidaknya berurusan dengan keterbatasan pada platform media sosial.

Misalnya, Facebook memiliki keterbatasan jangkauan untuk content yang gratis. Salah satu cara untuk mengatasi ini di Facebook adalah dengan menggunakan metode email blass/ email marketing dan berbasis langganan. Secara tidak langsung kamu dapat menarik orang ke halaman kamu dengan share link fanpage kamu. Jika kamu memiliki sebuak anektod/ sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik akan sangat menarik untuk dishare.

Apa blog media sosial favorit kamu?

Ini adalah pertanyaan lain,  dan perlu ditegaskan di sini tidak ada jawaban yang tepat dan salah. Kamu hanya perlu menguasai apa isi blog pilihan kamu tersebut, dan jelaskan juga mengapa kamu memilih situs/ blog tersebut sebagai favorit kamu. Jika Anda tidak pernah mengikuti sejumlah blog, coba browsing beberapa blog sehingga setidaknya kamu lebih siap untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

Tidak perlu khawatir kamu bisa membangun sebuah blog di banggarong untuk bisa membuat blog dengan SEO Friendly. Yang dapat meningkatkan traffic serta memporomosikan brand yang kamu miliki.

Apa jenis keterampilan / kualitas yang perlu kamu miliki untuk menjadi Community Manager?

Seorang Community Manager harus mahir di sebagian besar jaringan social media, serta menguasai social media management tools. Kamu juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang profesional, likeable dan organized. Perusahaan juga akan memberikan nilai lebih bagi kamu, jika memiliki latar belakang pernah melakukan analisis terutama analisis yang berhubungan dengan jaringan social media.

Bagaimana kamu menangani krisis sosial media?

Pastikan kamu harus merespon pertanyaan ini dengan cepat. Semakin lama kamu mengambil keputusan, semakin besar kesalahan kamu untuk memberik kepuasan bagi konsumenmu. Pastikan selalu  menyampaikan permintaan maaf secara jujur dan tulus. Jika tidak, akan semakin boomerang bagi perusahan. Pastikan kamu harus merespon semua keluh kesah ataupun komplain dari konsumen di semua platform social media yang kamu miliki.

Apakah ada update platform sosial media yang harus diperhatikan?

Hal ini terserah kamu, namun perlu kamu pertimbangkan untuk mengetahui bagaimana sebuah Pinterest saat ini mulai berkembang. Tidak hanya bicara mengenai Facebook, Twitter, Path, Instagram saja. Kamu mungkin sudah sering melihat tombol share “Pin It” di sejumlah artikel, maupun di Youtube, nah hal ini perlu kamu pelajari. Kamu mungkin juga tidak terlalu paham mengenai Vine, platform ini juga belakangan mulai berkembang di sejumlah negara. Cobalah lebih mengekslporasi sejumlah platform social media yang sedang trend saat ini.

Strategi Networking di Media Sosial sangat berbeda dengan cara menjual pada cara sebelumnya.


  1. Sebanyak”nya menyebar iklan
  2. Masuk ke wall orang dan beriklan
  3. Mengganti profile menjadi iklan
  4. Iklan iklan dan iklan buatlah sebanyak mungkin

Jika Anda ingin mendapatkan income lebih besar dengan mengundang orang yang baru Anda kenal dari iklan Facebook atau Google maka, yang perlu Anda lakukan adalah membuat mereka ingat terhadap Anda, produk Anda, dan Bisnis Anda. Dengan menggunakan email marketing, maka Anda tak perlu repot melakukannya secara manual. Sehingga, Anda tak perlu lagi mengalami penolakan-penolakan kejam yang menyakitkan dari prospek Anda.

Bahkan jika Anda ditolak, maka masih ada ribuan bahkan jutaan orang di internet yang siap sukses bersama dengan Anda.

0 Response to "Strategi Seorang Marketing Dari Media Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel