Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak dan Cara Pencegahannya


Di era modern saat ini, laptop adalah teknologi yang sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kita untuk melakukan suatu aktivitas, baik berupa pekerjaan maupun untuk bermain game. Jika sobat merupakan pengguna laptop baru, maka tentunya daya tahan baterai laptop sobat masih bisa bertahan lama atau dapat digunakan hingga diatas 2,5 jam. Namun, bagi sobat yang telah menggunakan laptop hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun mungkin pernah merasakan performa baterai laptop yang semakin menurun. 

Sebenarnya, kerusakan pada baterai laptop dapat terjadi karena keteledoran kita dalam menggunakan laptop atau kurang dalam merawat laptop dengan baik dan benar. Baterai laptop yang rusak atau baterai laptop yang cepat habis tentu akan membuat aktivitas kita menjadi terganggu, sedangkan untuk membeli sebuah baterai original membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai cara mencegah kerusakan pada baterai laptop, mungkin ada baiknya jika sobat mengetahui terlebih dahulu penyebab rusaknya baterai laptop sebagai langkah perawatan.


Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak

  • Penggunaan laptop yang secara berlebihan. 
    Laptop sebenarnya diciptakan untuk pekerjaan yang ringan dan tidak banyak memakan waktu. Bukan hanya itu saja, menggunakan laptop untuk kegiatan seperti bermain game berat dan aplikasi dengan grafis tinggi akan memaksa laptop bekerja keras dan tentunya berat. Tentunya hal ini berbeda dengan laptop gaming yang memang didesain khusus untuk bermain game ringan maupun yang berat.
  • Membiarkan laptop mati dalam keadaan baterai kosong
    Hal ini juga berpotensi membuat baterai laptop cepat rusak. Meskipun laptop sudah dimatikan, akan tetapi laptop masih bekerja dan membutuhkan daya untuk mensuplay nya. Hindari melakukan hal tersebut jika ingin baterai laptop sobat senantiasa awet dan tahan lama.
  • Menggunakan laptop saat di-charger
    Hal tersebut juga menjadi salah satu sumber penyebab baterai laptop akan cepat rusak dan tentunya sangat di sayangkan bukan jika baterai sobat kini rusak akibat terlalu sering melakukan hal tersebut.
  • Meletakkan laptop di atas bahan yang empuk
    Hal tersebut juga sering di alami oleh kebanyakan para pengguna laptop yang kurang teliti dengan meletakkan laptop di atas bahan yang empuk semacam kasur, sofa dan yang semisalnya.
  • Men-charger laptop dalam waktu yang lama
    Yang juga perlu sobat ketahui adalah terlalu lama men-chargher. Hindari hal ini karena sangat berpotensi merusak baterai laptop. Segera lepas charger bila baterai sudah penuh (100%).


Bagaimana Cara Pencegahannya ?


  • Charge laptop dalam keadaan mati
    Usahakan charger laptop sobat dalam keadaan laptop sedang mati untuk menghindari kerusakan pada baterai laptop
  • Letakkan laptop di tempat yang benar dan aman
    Jangan meletakkan laptop diatas tempat yang empuk atau yang sirkulasi udaranya buruk, seperti diatas kasur ataupun bantal. Hal tersebut dapat menyebabkan baterai laptop menjadi overheat.
  • Gunakan stabilizer
    menggunakan stabilizer untuk menjaga agar tegangan listrik yang masuk ke baterai stabil. Hal ini dapat membantu menghindarkan dari tengangan listrik yang naik turun, yang dapat berpengaruh terhadap kinerja baterai.
  • Charge laptop sebelum 0%
    Jangan membiarkan daya baterai hingga 0%, jika baterai sudah limit maka segera charge. L
    akukan fully discharged secara teratur, dan juga jangan terlalu sering, semisal sebulan sekali.
  • Jangan membiarkan laptop menjadi panas
    Sobat harus mematikan dan mengistirahatkan  laptop apabila telah panas. Untuk mengetahuinya, silahkan sentuh saja pada bagian baterai laptopnya. Kalau panasnya telah berlebihan, ya berarti sobat harus menghentikan kegiatan sobat untuk sesaat, baik pada saat bekerja maupun bermain game.

    Jika sobat tetap  memaksa laptop aktif dalam keadaan panas, maka dikhawatirkan baterai akan membengkak, baterai tidak mau mengisi, yang pada akhirnya akan rusak. Saran saya sih, sebaiknya menggunakan kipas pendingin laptop agar suhu laptop sobat tidak terlalu panas saat digunakan.
  • Jangan pasang-cabut baterai laptop
    Biarkan saja baterai tetap terpasang saat sobat gunakan untuk bekerja, atau melakukan hal-hal lainnya. Mencabut dan pasang kembali baterai laptop terlalu sering justru dapat membuat baterai laptop cepat rusak. Biasanya, baterai akan cepat menjadi full saat diisi, dan menjadi cepat lowbat saat digunakan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai "Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak dan Cara Pencegahannya". Semoga dapat bermanfaat...

0 Response to "Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak dan Cara Pencegahannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel